logo

Selain berguna sebagai alat bantu buat membawa barang-barang saat bepergian, tas juga bikin lo tampil kece. Selain kekuatan dan kenyamanannya saat digunakan, milih tas yang bikin lo kelihatan beda dari yang lain juga penting. Nah, buat lo yang pengen terlihat unik, tambahan tas kulit pada tampilan lo bisa banget dilakukan.

 

Walau tas kulit yang berkesan worn out atau sering dipakai dan agak lusuh akan kelihatan makin kece, bukan berarti lo nggak perlu melakukan perawatan apa-apa. Justru, biar kualitasnya masih bagus dan bisa lo pakai buat jangka panjang, minimal cara membersihkan dan menyimpannya harus diperhatikan. Ini nih, 5 hal yang harus diperhatikan biar tas kulit lo tetap awet!

 

 

Image source: www.pexels.com

 

1. Cari tahu materialnya

 

Got a leather bag? Hal pertama yang perlu lo lakukan adalah cari tahu jenis kulit yang jadi bahan baku tasnya. Tahu jenis kulit yang dipakai bisa jadi langkah pertama yang penting buat menentukan perawatan macam apa yang perlu diterapkan. Beda jenis kulit, beda juga instruksi yang perlu dipahami. Misalnya, merawat tas kulit domba akan lebih membutuhkan kelembutan dibandingkan dengan kulit alligator. Lalu, buat lo yang menggunakan tas dengan bahan kulit ular juga harus ekstra hati-hati karena bahan yang satu ini mudah tergores dan goresannya susah buat dihilangkan.

 

Biar lebih aman, cari tahu instruksi yang tepat di website atau manual book yang lo dapat saat beli tas itu. Kalau nggak ada, bisa lihat di petunjuk instruksi yang ada di bagian dalam tas tentang apa aja yang nggak boleh dilakukan terhadap tas lo. Jadi lebih jelas, kan?

 

 

Image source: www.playbuzz.com

 

2. Jangan dicuci!

 

Walau niatnya baik, mencuci tas kulit jadi hal yang harus lo hindari. Beda sama bahan katun yang ramah saat bertemu air, bahan kulit yang digunakan justru akan jadi lebih mudah rusak. Tapi, bukan berarti lo harus membiarkan tas lo kotor dan berdebu, kok! Justru, kotoran dan debu yang dibiarkan malah akan jadi penyebab tas kulit lo rusak.

 

Penggunaan air sih boleh-boleh aja dilakukan, namun secukupnya aja, ya! Sabun yang digunakan juga nggak sembarangan, lho! Selain menggunakan sabun cuci khusus bahan kulit, lo bisa lebih ekonomis dikit dengan menggunakan sabun pembersih khusus bayi atau deterjen yang nggak terlalu banyak mengandung sabun.

 

 

Image source: planb.annaevers.com

 

3. Lap dengan kain lembut

 

Bagian kulit yang berserat dan memiliki pori-pori khusus bikin lo nggak bisa sembarangan mengelap tas ini. Gimana pun, lo tetap perlu melakukannya biar tas kulit lo bisa tetap kinclong dan terawat. Untuk membersihkan bagian kulitnya dengan air, gunakan kain lembut yang udah dibasahi. Nah, setelah itu, langsung keringkan perlahan bagian yang basah tadi dengan handuk kering yang juga lembut. Kedua langkah itu bisa lo lakukan mulai dari bagian atas tas lalu mengarah ke bawah. Ingat, hati-hati, ya! Penggunaan bahan kasar buat membersihkan tas kulit akan membuat permukaannya tergores, lho!

 

 

Image source: www.businessinsider.com

 

4.  Keringkan dengan benar

 

Stay away from the sun! Suhu yang ekstrem seperti terlalu panas atau dingin justru nggak bagus buat bahan tas kulit lo. Terlebih, pakai hairdryer atau pengering, dijamin tas lo nggak akan awet. Jika terkena suhu yang terlalu tinggi, bahan kulit tersebut akan berkerut dan mudah rusak.

 

 

Image source: www.alibaba.com

 

5. Simpan di tempat yang aman

 

Walau jarang digunakan, bukan nggak mungkin tas kulit lo perlahan nggak kelihatan bagus lagi. Selain debu, udara dan suhu yang ada di lingkungan tempat menyimpan tas bisa jadi penyebabnya. Makanya, penyimpanan yang baik penting banget diperhatiin!

 

Sebelum menyimpan tas kulit di lemari, pastikan lo melapisinya dengan sarung tas khusus. Sarung tas ini, biasanya bisa lo dapatkan saat membeli tas. Kalau nggak ada, lo bisa menggunakan tas dengan bahan lembut yang breathable untuk melapisinya atau sarung bantal berbahan katun. Satu lagi yang paling penting, tas kulit punya bentuk khusus yang juga harus dijaga. Buat menjaga bentuknya itu, isi bagian dalamnya dengan kertas bekas yang telah dibentuk menjadi bulat.

 

Walau tas kulit biasanya makin lama akan kelihatan makin ganteng, bukan berarti lo nggak ngerawat bener-bener, dong? Biar worn look-nya kelihatan kece, mulai sekarang rawat tas kulit lo dengan cara di atas, ya!

Related Article

30

Oct ' 17

pic

5 Street Fashion Ala Indie Pop

Secara nggak sadar, genre musik yang lo suka bakalan berpengaruh sama gaya berpakaian.Ini dia 5 fashion item yang suka dipakai sama anak indie pop!
18

Dec ' 17

pic

Grunge Style, Gaya Effortless ala Kurt Cobain

Keren nggak perlu banyak usaha, intip inspirasi grunge style ala Kurt Cobain ini!
08

Jan ' 18

pic

4 Potongan Rambut Keren Musisi Idola. Suka yang Mana?

Dari The Beatles sampai Alex Turner, gaya rambutnya jadi favorit para fans. Lo suka yang mana?
10

Jan ' 18

pic

Tampil Keren dengan 4 Model Celana Jeans yang Nggak Biasa

Steal the spotlight! Cari tahu 4 model celana jeans unik yang akan bikin lo kelihatan makin keren!
15

Jan ' 18

pic

Biar Awet, Perhatiin 4 Cara Mencuci Sepatu Kanvas Ini!

Walau murah, cara mencuci sepatu kanvas ini perlu lo perhatiin!
25

Jan ' 18

pic

5 Model Kemeja yang Jadi Must-Have Item Buat Cowok

Dari acara formal sampai kasual, berbagai model kemeja bisa jadi pilihan! Yuk, cari tahu must have items shirt buat para cowok!